Surau TV

Banner

Siskamling Kembali Digiatkan untuk Pererat Kekompakan Warga

Image
Wednesday, 20 January 2016 | 14:35:40 WIB


Pekanbaru - Bangunan Pos Ronda di RW 05 Kelurahan Tanah Datar memang sudah berdiri kokoh. Namun dikatakan Bagindo Panih selaku Ketua RW, saat ini sistem keamanan lingkungan masih belum berjalan optimal. Hal itu dikarenakan masih minimnya operasional yang diberikan kepada petugas jaga. 
 
Menurut Ketua RW 05 ini, beberapa waktu lalu memang sempat digalakaan kegiatan jaga malam. Hal itu dibuktikan dengan telah berdirinya satu unit pos jaga diwilayah tersebut. Dirinya mengatakan akan kembali menggalakkan siskamling tersebut, dengan meminta arahan dari Lurah mengenai proses penerapan iuran bagi seluruh warga yang ada. Nantinya iuran inilah yang akan dipergunakan untuk membayar petugas ronda setiap malamnya.
 
"Sebenarnya kami sangat ingin mengaktifkan kembali kegiatan siskamling ini. Namun yang menjadi kendala saat ini adalah minimnya dana yang akan diberikan bagi petugas yang melakukan ronda. Untuk itulah kami akan meminta kepada Lurah berupa surat edaran, yang nantinya akan dipergunakan untuk meminta iuran perbulan oleh warga untuk kegunaanya membayar petugas ronda tersebut," tuturnya.
 
Selanjutnya Bagindo menyatakan harapannya agar warga tak hanya mengandalkan keamanan kepada petugas ronda saja. Karena bagaimanapun juga sebagai warga mesti ikut serta menjaga keamanan terutama dikediamannya masing-masing. Lagi pula dalam penerapan sistem iuran tersebut, akan dikenakan denda bagi warga yang tidak mengikuti kegiatan ronda malam. Sehingga bagi yang tidak membayar juga akan dipersulit untuk melakukan pengurusan dikelurahan.
 
"Bukan untuk mempersulit warga jika tidak melakukan iuran keamanan, namun bagi mereka yang ingin melakukan pengurusan di kelurahan nantinya juga akan diminta kertas blanko iuran itu. Tentunya untuk keamanan daerah kita sendiri, harus kita pula lah yang mengelola bagaimananya," tuturnya lagi.
 

Menanggapi ini Lurah Krisna Minang menyatakan akan membantu sosialisasi dengan seluruh jajaran RT/RW, untuk melakukan kembali kegiatan siskamling. Mengenai permintaan blanko iuran warga dirinya menyebutkan siap untuk meberikan tanda tangan dan rekomendasi. Lurah hanya menyarankan agar petugas yang nantinya berjaga dapat menjalankan tugasnya dengan baik, karena bagaimanapun juga warga telah memberikan ucapan terima kasih dengan memberikan iuran setiap bulannya.

 

(nusapos.com/Andra/rls)

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...