Surau TV

Banner

Puskesmas Bukit Raya Sosialisasi “Remaja Sehat” Di Smp Juara Pekanbaru

Image
Monday, 02 May 2016 | 04:40:28 WIB


Pekanbaru- SMP Juara Pekanbaru bertepatan dengan peringatan hari pendidikan nasional yang jatuh pada hari senin, 2 mei 2016 kedatangan tamu dari Perwakilan Puskesmas Bukit Raya Pekanbaru. Ini merupakan kedatangan yang kedua setelah sebelumnya juga pernah hadir dan memberikan sosialisasi kesehatan di sekolah.

Pada kedatangan kali ini, Puskesmas kembali memberikan sosialisasi tentang pendidikan kesehatan kepada siswa siswi SMP Juara Pekanbaru. Kegiatan mengambil tema sosialisasi tentang HIV AIDS. Diikuti oleh 45 orang siswa berasal dari kelas 9. Adapun yang menjadi narasumber yaitu buk yunidar dan buk ria selaku perwakilan dari Puskesmas Bukit Raya.

Dalam pemaparannya buk yunidar dan buk ria bahwa HIV merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, yang disebabkan oleh pergaulan bebas. penyakit ini dapat menyerang siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan.

apabila virus HIV sudah menyebar ke seluruh tubuh, maka penyakit tersebut akan berkelanjutan menjadi AIDS. AIDS merupakan sekumpulan penyakit yang akan menyerang, akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh manusia. maraknya LGBT dan pergaulan bebas remaja menjadi salah satu faktor tersebarnya penyakit ini. HIV/AIDS dapat ditularkan melalui transfusi darah, penggunaan alat suntik secara bergantian, seks bebas/pranikah. virus HIV/AIDS hidup dalam darah, air mani, cairan vagina, air susu ibu, air ketuban dll. virus ini tidak akan menyebar melalui tinggal satu rumah, satu alat makan, satu pakaian, satu jamban, berpegangan tangan, berpelukan, maupun menyanyi bersama. dan virus ini pun tidak dapat hidup di air liur, air keringat dll. pasien tidak akan merasa terjangkit setelah kontak dengan penderita HIV/AIDS, namun setelah 3-10 tahun kemudian barulah terjadi keluhan-keluhan.

Debby Maulina salah satu siswa menyampaikan bahwa “setelah mengikuti kegiatan ini saya merasa harus lebih menjaga kesehatan dan kebersihan diri saya. dan sebagai seorang remaja, hendaknya saya beserta teman-teman yang lain harus selektif dalam memilih pergaulan yang akan kita masuki, menghindari pergaulan bebas dan menjauhi LGBT yang sedang maraknya. karena hal ini merupakan salah satu faktor besar yang membuat penyakit HIV/AIDS ini makin tersebar luas. salah satu contoh pelakunya adalah GAY atau pasangan sesama jenis(laki-laki dan laki-laki).Maka dari itu marilah kita berlaku positif dan kerjakanlah sesuatu yang positif agar kita bisa terhindar dari penyakit ini

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...