Sugianto: Pihak Komisi II DPRD Riau Wacanakan Dinas Perkebunan Tersendiri

Image
Wednesday, 04 October 2017 | 09:20:13 WIB 119

Nusapos.com-Anggota Komisi II DPRD Provinsi Riau merencanakan pengusulan pembentukan dinas perkebunan Provinsi Riau, dengan sistim berdiri sendiri, bukan digabungkan seperti saat ini, yakni menjadi Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan. 

Anggota Komisi II DPRD Riau dari fraksi PKB, Sugianto mengatakan, sektor perkebunan di Provinsi Riau sangat luas. Dengan digabungnya dinas perkebunan seperti saat sekarang ini, menurutnya banyak kendala yang terjadi, terutama dalam hal pengawasan dan kefokusan dalam memperhatikan masalah perkebunan. 

"Seharusnya untuk perkebunan itu diurus satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saja, tidak digabung seperti ini. Sehingga masalah perkebunan bisa fokus diperhatikan, dan pengawasannya pun bisa lebih maksimal," kata Sugianto, Selasa (03/10/20017).

Selain itu. Dikatakan Sugianto, saat ini penanganan masalah perkebunan sangat terbatas. Hal ini dikarenakan kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) dan juga anggarannya tidak maksimal, karena bergabung dengan perangkat lainnya dalam dinas yang sama. 

"Secara otomatis, personilnya terbagi untuk perangkat lain juga, demikian juga dengan anggarannya juga akan terbagi, karena itu, kami ingin mengusulkan dinas perkebunan berdiri sendiri," harapnya Sugianto politisi PKB DPRD Riau ini. 

"Semua itu masih bisa di rubah, kan tinggal revisi Perda saja, ini tidak terkunci, masih bisa diubah. Walau dari kementerian digabung, tapi di daerah tidak mesti sama, karena tergantung kebutuhan daerah. Di provinsi lain juga banyak yang dinas perkebunannya berdiri sendiri," pungkasnya. 

Untuk diketahui dengan pengusulan perubahan OPD tersebut, menurut Sugianto nantinya akan ada perubahan Perda lagi terkait OPD, hal tersebut tidak masalah menurutnya, dan jika ada kemungkinan, juga bisa dilakukan bersamaan dengan OPD lainnya.


Sumber : wahanariau

Laporan : -

Editor : Red


loading...