Surau TV

Banner

Wagubri: Luas Areal Riau Terbakar 117.000 Hektare

Image
Wednesday, 26 February 2020 | 07:54:16 WIB


PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution mengungkapkan luas lahan terbakar di Provinsi Riau hingga tanggal 11 Februari 2020 mencapai kurang lebih 117.000 Hektare.

Hal itu diungkapkannya dalam acara Pelatihan Kegiatan Sinergi Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan beserta Penanggulangan Kebakaran Gedung di lingkungan Universitas Lancang Kuning (Unilak) yang digelar di Lapangan Bola Unilak, Selasa (25/2/2020).

Dikatakan Edy, wilayah Provinsi Riau yang seluas 8.915.016 Ha memiliki lahan gambut seluas 5.095.390 Ha atau sekitar 57 persen dari seluruh luas wilayah Provinsi Riau.

Dengan sebaran gambut di Pulau Sumatera, 52 persen diantaranya berada di Provinsi Riau.
"Hal ini membuat potensi bencana Karhutla di Riau sangat tinggi. Kita harus lebih waspada lagi," terangnya.

Menurutnya, bencana asap yang terjadi di Provinsi Riau tidaklah sepenuhnya kesalahan Negeri Bumi Lancang Kuning sendiri melainkan juga terjadi dari provinsi tetangga.

Melihat data di tahun 2019 yang lalu, Edy menyampaikan bahwa titik api yang ada di Riau tidak pernah lebih tinggi dibandingkan dengan titik api yang ada di Sumatera Selatan dan Jambi.

Namun Riau menjadi sorotan dikarenakan asap pekat yang terdapat di Provinsi Riau.
"Padahal asap ini bukan dari Riau, melainkan kiriman dari provinsi tetangga yang terjadi akibat arah angin dari selatan menuju Jambi kemudian berhenti di Riau," terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Edy mengaku telah membangun komunikasi secara intens dengan pemerintah Sumatera Selatan dan Jambi untuk bersama-sama melakukan penanggulangan karhutla.

Sumber : Media Center Riau

Laporan : -

Editor : Redaksi

loading...
Post

Gubri Ikuti RFP di Singapura

8 bulan yang lalu
Post

Dampak Asap, Gubri Kena ISPA

1 tahun yang lalu
Post

Dewan Setujui RPJMD 2019-2024

1 tahun yang lalu